Masak Cireng: Cara Mudah Membuat Camilan Favorit

Pendahuluan

Cireng adalah camilan khas Sunda yang terbuat dari tepung tapioka dan bahan-bahan lain seperti bawang putih, daun bawang, dan cabai. Cireng biasanya disajikan dengan saus kacang, saus sambal, atau saus tomat. Rasanya gurih dan renyah, membuat camilan ini sangat cocok untuk dinikmati saat santai di rumah atau sebagai teman makan nasi.

Bahan-bahan

– 200 gram tepung tapioka- 100 gram tepung terigu- 2 siung bawang putih, cincang halus- 2 batang daun bawang, iris tipis- 2 cabai merah, iris tipis- 1 sendok teh garam- 1/2 sendok teh merica bubuk- Air secukupnya- Minyak goreng untuk menggoreng

Cara membuat

1. Campurkan tepung tapioka, tepung terigu, bawang putih, daun bawang, cabai merah, garam, dan merica bubuk dalam sebuah mangkuk besar.2. Tambahkan air sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan bisa dipulung dengan tangan.3. Ambil sejumput adonan, bulatkan dan pipihkan.4. Goreng dalam minyak panas hingga cireng berwarna kecoklatan dan mengembang.5. Tiriskan dan sajikan dengan saus kacang, saus sambal, atau saus tomat.

Tips

– Untuk mendapatkan cireng yang lebih renyah, gunakan tepung tapioka yang berkualitas bagus.- Pastikan minyak yang digunakan sudah cukup panas sebelum menggoreng cireng.- Jangan terlalu sering membolak-balik cireng saat menggoreng karena bisa membuat cireng retak.

Varian

Selain saus kacang, saus sambal, atau saus tomat, cireng juga bisa disajikan dengan berbagai macam saus dan topping seperti saus pedas manis, keju parut, atau taburan kacang goreng.

Penutup

Cireng adalah camilan khas Sunda yang populer di Indonesia. Dengan bahan yang mudah didapat dan cara membuat yang sederhana, kamu bisa mencoba membuat cireng sendiri di rumah. Selamat mencoba!

FAQ

1. Apa itu tepung tapioka?

Tepung tapioka adalah tepung yang terbuat dari umbi singkong yang dikeringkan dan dihaluskan menjadi serbuk halus. Tepung ini biasanya digunakan sebagai bahan dasar makanan seperti kue dan camilan.

2. Apa bedanya cireng dan cimol?

Cireng dan cimol sama-sama camilan khas Sunda yang terbuat dari tepung tapioka. Namun, cireng berbentuk pipih dan bulat sedangkan cimol berbentuk bulat dan berongga di dalamnya.

3. Bisakah cireng disimpan dalam lemari es?

Cireng sebaiknya dimakan dalam waktu yang tidak terlalu lama setelah digoreng karena bisa menjadi layu dan kehilangan kelezatannya. Namun, jika ingin menyimpannya, cireng bisa disimpan dalam kulkas selama 1-2 hari.

4. Apa saja bahan-bahan untuk saus kacang?

Bahan-bahan untuk saus kacang adalah kacang tanah, bawang putih, gula merah, garam, air, dan cabai rawit. Semua bahan tersebut dihaluskan dan dicampur hingga menjadi saus kacang yang lezat.

5. Bagaimana cara membuat saus pedas manis untuk cireng?

Untuk membuat saus pedas manis, kamu bisa mencampurkan saus tomat, kecap manis, saus sambal, cabai merah iris, bawang putih yang dihaluskan, air, gula, dan garam. Aduk rata dan sajikan bersama cireng.

About Ekinoid

Check Also

Resep Cireng Tepung Sagu yang Lezat dan Mudah Dibuat

Pendahuluan Cireng adalah salah satu camilan khas dari Indonesia yang terbuat dari campuran tepung dan …