Cireng Tempura, Makanan Ringan dari Bandung

Apa itu Cireng Tempura?

Cireng Tempura adalah salah satu jenis makanan ringan yang berasal dari Kota Bandung. Cireng memiliki bentuk yang mirip dengan cilok, namun terbuat dari tepung kanji dan biasanya diisi dengan daging sapi atau udang. Sedangkan tempura adalah makanan gorengan khas Jepang yang terbuat dari udang atau sayuran yang dicelupkan ke dalam adonan tepung dan digoreng. Penggabungan dua makanan ini menghasilkan cireng tempura yang memiliki rasa yang lebih gurih dan tekstur yang lebih renyah.

Cara Membuat Cireng Tempura

Untuk membuat cireng tempura, bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain tepung kanji, air, garam, daging sapi atau udang, dan minyak untuk menggoreng. Pertama-tama, campurkan tepung kanji dengan air dan garam hingga adonan tercampur rata. Setelah itu, potong daging sapi atau udang sesuai dengan selera, dan masukkan ke dalam adonan tepung kanji. Selanjutnya, celupkan adonan tepung kanji yang sudah berisi daging sapi atau udang ke dalam minyak yang sudah dipanaskan. Goreng hingga cireng tempura berwarna kecoklatan dan matang.

Keunikan Cireng Tempura

Cireng tempura memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh makanan ringan lainnya. Kombinasi antara cireng yang kenyal dan tempura yang renyah membuat makanan ini sangat cocok dijadikan sebagai camilan atau makanan ringan saat bersantai. Selain itu, penggunaan tepung kanji sebagai bahan dasar membuat cireng tempura memiliki rasa yang khas dan berbeda dari makanan ringan lainnya.

Tempat Membeli Cireng Tempura

Cireng tempura dapat ditemukan di beberapa toko makanan ringan di Kota Bandung. Beberapa toko yang terkenal dengan cireng tempuranya antara lain Cireng Tempura Kiki, Cireng Tempura Bu Kris, dan Cireng Tempura Bu Ayi. Selain itu, cireng tempura juga dapat ditemukan di beberapa pusat perbelanjaan seperti pasar tradisional dan mal.

Cara Menikmati Cireng Tempura

Cireng tempura dapat dinikmati dalam keadaan hangat atau dingin. Biasanya cireng tempura disajikan bersama dengan saus sambal atau saus kacang. Namun, beberapa toko makanan ringan juga menyediakan saus spesial yang lebih khas untuk menambah citarasa dari cireng tempura.

Kelebihan Cireng Tempura untuk Kesehatan

Walau terbuat dari tepung kanji yang mengandung karbohidrat, cireng tempura tetap memiliki kelebihan untuk kesehatan. Selain mengandung protein dari daging sapi atau udang, cireng tempura juga tidak mengandung bahan pengawet dan pemanis buatan sehingga lebih aman dan sehat untuk dikonsumsi.

Alternatif Isian Cireng Tempura

Untuk mengubah rasa dan variasi dari cireng tempura, kamu bisa mencoba mengganti isian daging sapi atau udang dengan bahan lain seperti sayuran atau keju. Dengan begitu, kamu bisa menikmati variasi dari cireng tempura yang lebih beragam.

Cireng Tempura Untuk Menu Catering

Jika kamu ingin mencoba menyajikan makanan ringan yang berbeda pada acara catering kamu, cireng tempura bisa menjadi salah satu pilihan yang menarik. Cireng tempura sangat cocok disajikan pada acara-acara informal seperti acara ulang tahun atau arisan.

Akhir Kata

Cireng tempura merupakan salah satu makanan ringan yang khas dari Kota Bandung. Kombinasi antara cireng yang kenyal dan tempura yang renyah membuat makanan ini sangat cocok menjadi camilan atau makanan ringan saat bersantai. Selain itu, cireng tempura juga memiliki kelebihan untuk kesehatan karena tidak mengandung bahan pengawet dan pemanis buatan.

FAQ

1. Apa perbedaan antara cireng dan cilok?

Perbedaan utama antara cireng dan cilok terletak pada bahan dasar yang digunakan. Cireng terbuat dari tepung kanji, sementara cilok terbuat dari tepung tapioka.

2. Bisakah cireng tempura dijadikan sebagai makanan berat?

Cireng tempura biasanya dijadikan sebagai makanan ringan, namun kamu bisa mencoba untuk menambahkan isian yang lebih banyak agar bisa dijadikan sebagai makanan berat.

3. Apakah cireng tempura halal?

Cireng tempura halal asal bahan yang digunakan adalah bahan yang halal dan tidak dicampur dengan bahan yang haram.

4. Apakah cireng tempura cocok untuk diet?

Cireng tempura mengandung karbohidrat dan protein, sehingga tidak cocok untuk diet yang menghindari kedua zat tersebut. Namun, cireng tempura tidak mengandung bahan pengawet dan pemanis buatan sehingga lebih sehat untuk dikonsumsi.

5. Apakah cireng tempura bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama?

Cireng tempura bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama asal disimpan dalam wadah yang tertutup rapat dan diletakkan di dalam kulkas.

About Ekinoid

Check Also

Cireng Abang-Abang, Camilan Nusantara yang Legendaris!

Sejarah Cireng Abang-Abang Cireng atau aci digoreng merupakan camilan tradisional yang sangat populer di Indonesia. …