Cireng Bumbu Rujak: Makanan Khas yang Lezat dari Bandung

Apa itu Cireng?

Cireng adalah singkatan dari “aci digoreng” yang merupakan salah satu makanan khas dari Kota Bandung, Jawa Barat. Makanan ini terbuat dari tepung aci yang digoreng dan biasanya disajikan dengan bumbu rujak.

Bagaimana Cara Membuat Cireng?

Untuk membuat cireng, tepung aci dicampur dengan air dan garam hingga menjadi adonan yang kalis. Adonan kemudian dibentuk seperti silinder kecil dan digoreng dalam minyak panas hingga kuning kecoklatan.

Bahan-bahan yang Diperlukan:

– 200 gram tepung aci- 1/2 sendok teh garam- 1/4 sendok teh merica bubuk- Air secukupnya- Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:

1. Campurkan tepung aci, garam, dan merica dalam sebuah mangkuk.2. Tambahkan air secukupnya sambil diaduk hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan.3. Ambil sejumput adonan dan bulatkan hingga berbentuk silinder kecil. Lakukan hingga adonan habis.4. Panaskan minyak dalam wajan dan goreng cireng hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Apa itu Bumbu Rujak?

Bumbu rujak adalah bumbu khas Indonesia yang terbuat dari tamarind, gula merah, bawang merah, garam, dan cabai. Bumbu ini biasanya digunakan untuk makanan seperti rujak buah, rujak cingur, atau cireng.

Bagaimana Cara Membuat Bumbu Rujak?

Untuk membuat bumbu rujak, bahan-bahan tersebut dicampur dan dihaluskan menggunakan blender atau cobek hingga halus dan tercampur rata.

Bahan-bahan yang Diperlukan:

– 100 gram tamarind- 150 gram gula merah- 5 siung bawang merah- 2 sendok teh garam- 10 cabai merah- Air secukupnya

Cara Membuat:

1. Rendam tamarind dalam air panas selama 15 menit. Saring dan pisahkan airnya.2. Campurkan tamarind air, gula merah, bawang merah, garam, dan cabai dalam blender atau cobek dan haluskan hingga halus dan tercampur rata.3. Tambahkan air secukupnya hingga bumbu rujak memiliki konsistensi yang pas.

Bagaimana Cireng Bumbu Rujak Disajikan?

Cireng biasanya disajikan dengan bumbu rujak yang diletakkan di atas cireng. Bumbu rujak memberikan rasa pedas dan asam yang menyegarkan pada cireng yang crispy dan gurih.

Apakah Cireng Bumbu Rujak Sehat?

Meskipun cireng bumbu rujak tergolong makanan yang mengandung banyak minyak, namun cireng mengandung sedikit lemak dan kalori jika dibandingkan dengan jenis makanan yang digoreng lainnya.

FAQ:

1. Apakah cireng bisa disimpan?- Bisa. Cireng dapat disimpan dalam kulkas selama 3-4 hari dan dalam freezer selama 2 minggu.2. Dapatkah bumbu rujak diganti dengan saus sambal?- Bisa, namun rasanya akan berbeda dengan bumbu rujak yang khas.3. Apakah cireng dapat dimakan sebagai camilan?- Ya, cireng biasanya disajikan sebagai camilan atau makanan ringan.4. Bisakah cireng dijadikan sebagai pengganti nasi?- Bisa, namun tidak disarankan karena cireng mengandung sedikit nutrisi dibandingkan dengan nasi.5. Apakah cireng halal?- Ya, cireng halal dan biasanya dibuat dari bahan-bahan yang halal.

About Ekinoid

Check Also

Cireng Abang-Abang, Camilan Nusantara yang Legendaris!

Sejarah Cireng Abang-Abang Cireng atau aci digoreng merupakan camilan tradisional yang sangat populer di Indonesia. …